Rabu, 16 Desember 2015

Tiga Kecamatan Layak Dimekarkan



Written by Kominfo KMT. Posted in Berita Matim


Selasa, 08/12/2015
Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Manggarai Timur bekerjasama dengan Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Nusa Cendana Kupang menyelenggarakan Seminar Akhir Studi Kelayakan Pemekaran Kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur (Selasa, 08/12/2015).

Kecamatan yang akan dimekarkan di Manggarai Timur adalah Kota Komba, kecamatan Sambi Rampas dan kecamatan Lamba Leda. Seminar yang berlangsung di Aula Setda ini dihadiri Wakil Bupati Manggarai Timur, beberapa anggota DPRD, tiga Camat dari kecamatan yang akan dimekarkan, para kepala desa, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Dalam pemaparannya, Ketua tim Lemlit Undana Kupang, Damianus Adar menyampaikan beberapa hal terkait hasil akhir Studi Kelayakan Pemekaran Kecamatan di kabupaten Manggarai Timur, yaitu:
1.      Kecamatan Kota Komba direkomendasikan Sangat Layak dimekarkan dengan total nilai 464. Ibu kota kecamatan yang baru berlokasi di Desa Rana Mbeling dengan               nama Kecamatan Wae Mokel.
.

2.      Kecamatan Lambaleda direkomendasikan Sangat Layak dimekarkan dengan total nilai 443. Ibu kota kecamatan yang baru berlokasi di Desa Satar Padut dengan nama                Kecamatan      Lamba Leda Utara.

3.      Kecamatan Sambi Rampas direkomendasikan Layak dimekarkan dengan total nilai 415. Ibu kota kecamatan yang baru berlokasi di desa Satar Nawang dengan nama                  Kecamatan Congkar.

Penentuan ibu kota kecamatan ini merupakan hasil kajian dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jarak ke pusat kecamatan, waktu tempuh ke pusat kecamatan,  jumlah lembaga keuangan dan ketersediaan fasilitas publik lainnya, serta kondisi ekonomi warga.
)

Pemekaran kecamatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. (kmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar