Rabu, 11 November 2015

Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur sebagai Entry Point Pembangunan Ekonomi di Manggarai Timur

  
Pengembangan kualitas sumber daya manusia menjadi titik tolak dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berkeadilan dan mensejahterakan. Kualitas sumber daya manusia akan sangat menentukan kiprah pembangunan daerah. Effendi (2000) menyatakan pembangunan daerah tanpa dukungan sumber daya manusia yang berkualitas dan handal akan sulit untuk mempertahankan dan melanjutkan proses pembangunan. Untuk itu, pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan tonggak  yang menjadi sumber kekuatan dalam pembangunan daerah.
Dalam rangka pembangunan daerah di Kabupaten Manggarai Timur, ketersediaan sumber daya alam tidak diragukan lagi jumlahnya, karena daerah ini memiliki segudang potensi yang dapat dikembangkan untuk percepatan pembangunan daerah. Akan tetapi, permasalahan utama yang dihadapi dan menjadi sebab munculnya kemiskinan yang berkepanjangan, karena kualitas sumber daya manusia yang dimiliki masih belum mampu menjadi penggerak pembangunan daerah. Alhasil, kondisi tersebut yang menyebabkan proses pembangunan daerah masih berjalan lambat dan belum mampu dinikmati secara luas oleh masyarakat. Strategi yang tepat dalam pembangunan daerah yaitu dengan percepatan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas melalui ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan kesehatan yang handal.

Kirkpatrick (1998) menjelaskan bahwa pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dapat didorong melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.  Kedua aspek tersebut menjadi dasar pijakan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Aspek pendidikan mampu mendorong transformasi pengetahuan masyarakat menuju masyarakat yang cerdas dan mandiri. Pengetahuan merupakan investasi pembangunan daerah yang memiliki multi effect terhadap pendayagunaan potensi dearah untuk mendukung percepatan pembangunan daerah. Tentunya, melalui penyediaan fasilitas pendidikan yang berkualitas dan dengan kuantitas yang memadai seperti keterjaminan mutu pendidikan, fasilitas sekolah, dan kualitas pengajar serta kemudahan aksesibiltas menjadi modal penggerak dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. 
(Sumber: Dokumen Studi Potensi Ekonomi Daerah Manggarai Timur bekerjasama dengan UGM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar